Mesin Pengolah Kayu Portable

Pada mulanya tidak mungkin kita dapat membuat mesin terutama mesin pengolah kayu tanpa mengetahui dasar-dasar pengerjaan dan macam-macam teknik pengerjaan perkakas kayu. Setelah manusia memikirkan bagaimana cara untuk membuat pengerjaan kayu dengan jumlah yang banyak dan dapat mengerjakannya secara cepat maka dipikirkanlah pola pikir dalam pembuatan mesin, dan pada akhirnya munculah berbagai mesin yang dapat mendukung segala pengerjaan kayu untuk menghemat dalam segi tenaga dan waktu.

Pengerjaan kayu dengan mesin standard dan mesin khusus mengalami perkembangan pesat. Komputer dalam bentuk PC dan CNC sudah digunakan sebagai sarana pemrogram jalan mesin dan penggerajan bagian-bagiannya.

Walaupun begitu, kedudukan mesin tangan dalam industri kayu tetap penting. Investasi mesin tangan tetap tidak dapat diabaikan dan tidak dapat dihindari, baik di dalam pabrik produksi, maupun pada kerja pemasangan di lapangan.

Mesin tangan atau portable memiliki berbagai macam jenis mesin yang berbeda dalam pengerjaannya, misal mesin gergaji tangan, mesin ketam tangan, mesin bor tangan, dan masih banyak lagi. Masing-masing mesin memiliki data-data teknis dan perlengkapan tersendiri sebagai acuan penggunaanya. Satu mesin portable juga terbagi menjadi beberapa jenis mesin lagi, sehingga sebuah mesin yang pada mulanya tidak dapat membuat suatu pengerjaan yang kompleks, masih bisa dikerjaan dengan mesin dengan jenis yang sama tetapi berbeda penggunaanya.

Misalnya pada mesin ketam tangan memiliki perlengkapan kuda-kuda, pengantar paralel, pelat penyudut, kunci pembuka pisau, poros pisau, dan pengaman blok poros. Tujuan penggunaan mesin ini adalah utuk meratakan, meluruskan, dan menyikukan sebuah benda kerja. Tetapi juga ada jenis mesin ketam yang dapat meratakan lis sisi tebal, yang tujuan penggunaannya tidak lagi sama dengan mesin ketam perata tangan biasa.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: